Donasi Via Bank No.REK: 3455-01-019325-53-0 (BRI) a.n EVI SUSANTI atau Via "VOUCHER/PULSA" ke No HP.085720145223 >>Keluhan ANDA dapat di Kirim via mail : makhikbasith@gmail.com atau SMS ONLY (085720145223)

PERANGKAT PEMBELAJARAN RPP, SILABUS, KKM, PROTA,PROSEM, BIOLOGI SMA/MA BERKARAKTER


PERANGKAT PEMBELAJARAN BERKARAKTER
Mata Pelajaran Biologi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)

A.  Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu (inquiry) tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya sebagai penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA di sekolah menengah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar peserta didik  menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan  untuk mencari tahu  dan berbuat sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang dirinya sendiri dan alam sekitar.
Biologi sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses ini meliputi  keterampilan  mengamati, mengajukan hipotesis, menggunakan alat dan bahan secara baik dan benar dengan selalu mempertimbangkan keamanan dan keselamatan kerja, mengajukan pertanyaan, menggolongkan dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil temuan secara lisan atau tertulis, menggali dan memilah informasi faktual yang relevan untuk menguji gagasan-gagasan atau memecahkan masalah sehari-hari.
Mata pelajaran Biologi dikembangkan melalui kemampuan berpikir analitis,  induktif, dan deduktif untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar.  Penyelesaian   masalah yang bersifat kualitatif dan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan pemahaman dalam bidang matematika, fisika, kimia dan pengetahuan pendukung lainnya.

B.  Tujuan
Mata pelajaran Biologi bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
  1. Membentuk sikap positif terhadap biologi dengan menyadari keteraturan dan keindahan alam serta mengagungkan kebesaran Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memupuk sikap ilmiah yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan orang lain
  3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
  4. Mengembangkan kemampuan berpikir analitis, induktif,  dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi
  5. Mengembangkan penguasaan konsep dan prinsip biologi dan saling keterkaitannya dengan IPA lainnya serta mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri
  6. Menerapkan konsep dan prinsip biologi untuk menghasilkan karya teknologi sederhana yang berkaitan dengan kebutuhan manusia
  7. Meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan.

C. Ruang Lingkup
Mata pelajaran Biologi di SMA / MA merupakan kelanjutan IPA di SMP/MTs yang menekankan pada fenomena alam dan penerapannya yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
  1. Hakikat biologi, keanekaragaman hayati dan pengelompokan makhluk hidup, hubungan antarkomponen ekosistem, perubahan materi dan energi, peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
  2. Organisasi seluler, struktur jaringan, struktur dan fungsi organ tumbuhan, hewan dan manusia serta penerapannya dalam konteks sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
  3. Proses yang terjadi pada tumbuhan, proses metabolisme, hereditas, evolusi, bioteknologi dan implikasinya pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
     -
E.  Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

DOWNLOAD link perangkat belajar SMA/MA di bawah untuk setiap jenjang :

 Kelas X (Sepuluh) Semester 1 dan 2 :
- Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP)
- Silabus
- SK-KD Biologi
- Pemetaan
- Program Semester (Prosem)
- Program Tahunan (Prota)
- Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

KELAS XI (Sebelas) Semester 1 dan 2 :
- Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP)
- Silabus
- SK-KD 
Biologi 
- Pemetaan
- Program Semester (Prosem)
- Program Tahunan (Prota)
- Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)


KELAS XII (Dua Belas) Semester 1 dan 2 :
- Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP)
- Silabus
- SK-KD 
Biologi 
- Pemetaan
- Program Semester (Prosem)
- Program Tahunan (Prota)
- Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)



untuk download FULL Kelas X, XI dan XII Mirror 
dapatkan password dengan Donasi Rp. 50.000  

info lain kirim pesan atau sms

Penulis : Makhi K BASITH ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel PERANGKAT PEMBELAJARAN RPP, SILABUS, KKM, PROTA,PROSEM, BIOLOGI SMA/MA BERKARAKTER ini dipublish oleh Makhi K BASITH pada hari Minggu, 22 April 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan PERANGKAT PEMBELAJARAN RPP, SILABUS, KKM, PROTA,PROSEM, BIOLOGI SMA/MA BERKARAKTER
 

0 komentar:

Poskan Komentar